20080325

Secara gw orang Indonesia, gitu lhooo...

Buset... satu lagi contoh pergeseran makna kosakata bahasa Indonesia. Beberapa minggu lalu, saya berkomunikasi dengan seorang teman dari Indonesia yang sedang kuliah di Belanda. Dia sedikit bercerita tentang pengalamannya bersepeda di sana. Beginilah kira-kira kutipannya.

"Gw kuliah naik sepeda ke kampus. Secara orang-orang di sini mayoritas kemana-mana pake sepeda."

Hah! Gw setengah kaget seorang teman nun jauh di sana pun ikut2an memakai kata "secara" yang menurut saya bukan pada tempatnya. Sampai detik ini pun saya belum paham makna kata "secara" dalam kalimat itu. Pun pada kalimat-kalimat sejenis yang diucapkan teman-teman saya di Jakarta. Hanya saja saya heran begitu cepat "virus" ini menyebar. Mereka yang mengucapkannya seperti merasa gaul bila menebar kata-kata asing ini di kalimatnya.

Huh!

No comments: